Dimana letaknya iman Katolik seperti tujuh sakramen dalam Kitab Suci?
Silahkan klik link ayat-ayat yang terdapat pada bagiannya masing-masing untuk membacanya.
Baptis/ Permandian
Sakramen Baptis/ Permandian “ Dan kemudian para katekumen (calon baptis) dibawa kepada kami dimana ada air, dan kemudian mereka lahir kembali dengan cara yang sama seperti kami sendiri telah dilahirkan kembali.” Martir Justin (sebelum 165 M) "Then the catechumens are brought by us to where there is water, and they are reborn into the same manner in which we ourselves were reborn." -- Justin Martyr (before 165 AD) Telah Diramalkan Dalam Kitab Perjanjian Lama Yeh36:25 ; 1Pet3:20-21 Yohanes Pembabtis mempersiapkan ‘jalan’ Mrk1:4 ; 8 ; Kis1:5 ; Kis11:16 ; Kis19:4 Dilanjutkan oleh Para Rasul Yoh4:2 Di Dalam Nama Kristus Kis2:38 ; Kis8:16 ; Kis10:48 ; Kis19:5 ; Why14:1 ; Why22:4 Di Dalam Nama Trinitas Mat28:19 Untuk Semua Manusia Mat28:19 ; Mrk16:15-16 ; Luk24:47 ; Kis2:38 Dibaptis ke Dalam Kristus 1Kor12:13 ; Gal3:27 Dibaptis Dalam Kematian-Nya Rom6:3 Dibaptis Untuk Memperoleh Hidup Yang Baru Rom6:4 ; Tit3:5 Dibaptis Dengan Air dan Roh Kudus Yoh3:5 ; Ef5:26 ; Tit3:5 Hanya Ada Satu Baptisan Ef4:5 Mengapa Pembaptisan Sangat Perlu Mrk16:16 ; Yoh3:5 Untuk Penebusan / Pengampunan Kita 1Yoh5:6 Yang Menyucikan 1Kor6:11 ; Ef5:26 Yang Membenarkan 1Kor6:11 Kepastian Akan Kebangkitan Kita Rom6:3-5 ; 1Kor15:29 Pemberian Cuma-Cuma Dari Tuhan Tit3:5 Menghapuskan Dosa 1Pet3:21 ; Kis2:38 ; Kis22:16 |
Pengakuan Dosa/ Tobat
Sakramen Pengakuan Dosa/Tobat Berdamai / Bersatu Kembali Dengan Allah (Rekonsiliasi) / Pengakuan Dosa Tuhan Mengampuni Dosa Mrk2:7 ; Luk5:21 Kristus Mempunyai Kuasa Untuk Mengampuni Dosa Mat9:6 ; Mrk2:10 ; Luk5:24 ; Kol3:13 Tentang Pengakuan Dosa yang diajarkan oleh Kristus Yoh20:22-23 Pengampunan harus melalui Kristus 2Kor2:10 Adalah Untuk Berdamai Kembali Dengan Kristus 2Kor5:18 Perdamaian / Penyatuan Ini Berasal Dari Kristus Rom5:11 ; Kol1:20 ; Ibr1:3 Kekuasaan Untuk Mengampuni Telah Diberikan Oleh Kristus Yoh20:23 ; 2Kor5:18 Tingkatan Dosa (Yang Membawa Maut atau Yang Dapat Dimaafkan ?) 1Yoh5:16 Penalti / Silih, Mendamaikan dan Mempersatukan Kembali Pendosa kepada Persatuan Orang Orang Percaya 2Kor2:5-8 "Jikalau Kamu Mengampuni Dosa Orang, Dosanya Diampuni." Yoh20:22-23 Mengikat di Dunia dan di Surga. Mat18:18 Wadah Bagi Perdamaian / Penyatuan Kembali Dengan Tuhan 2Kor5:18 Pengampunan Dosa, Menyembuhkan Penyakit, Pengakuan Dosa. Yak5:14-16 |
Ekaristi/ Perjamuan Kudus
Sakramen Ekaristi “Orang yang paling menentang upacara Kristen pun mengakui bahwa jika Gereja Katholik tidak mempelopori perjamuan roti dan anggur, maka orang lain pasti akan melakukannya.” G. K. Chesterton "The most ferocious opponent of the Christian ceremonials must admit that if Catholicism had not instituted the bread and wine, somebody else would most probably have done so." G. K. Chesterto Dinamakan Perjamuan Makan Malam Tuhan 1Kor11:20 acuan ini kurang pas ? Disebut Agape (Pesta Cinta Kasih) Yudas 12 Disebut Dengan Peristiwa Pemecahan Roti Kis2:42 Dijanjikan Oleh Kristus Yoh6:27-59 Dimulai / Diajarkan Oleh Kristus Mat26:26-29 ; Mrk14:22 ; Luk22:15-20 ; 1Kor11:23-25 Kristus Benar Benar Hadir Mat26:26 ; Mrk14:22 ; Luk22:19 ; Yoh6:35 ; Yoh6:41 ; Yoh6:51-58 ; 1Kor11:27-29 Peringatan akan Kalvari Mat26:28 ; Luk22:19-20 ; 1Kor10:16 ; 1Kor11:25-26 Mempersatukan Kita Dalam Kristus Kis2:42 ; Rom12:5 ; 1Kor10:17 Diperbolehkan Menerima Salah Satu Wujud Suci, Hanya Roti atau Anggur Saja Luk24:30 ; Yoh6:51 ; Yoh6:57-58 ; Kis20:7 ; 1Kor10:17 ; 1Kor11:27 Sumber kehidupan Kekal Dalam Tuhan Yoh6:27 ; Yoh6:33 ; Yoh6:50-51 ; Yoh6:58 ; 1Kor11:30 Yesus Adalah Roti Kehidupan Yoh6:35-51 Inilah Tubuh-Ku Inilah Darah-Ku Mat26:26-27 ; Mrk14:22-24 ; Luk22:19-20 ; 1Kor10:24-25 Akibat Yang Serius Dari Dosa Terhadap Tubuh dan Darah 1Kor11:26-30 Dialog Panjang tentang Ekaristi, Yesus Benar-Benar Hadir, Dimana Yesus Secara Jelas Mengatakan “Tubuh Dan Darah-Ku” Yoh6:32-58 |
Krisma/ Penguatan
Sakramen Krisma/ Penguatan Pengurapan. Simbol dari pengurapan dengan minyak yang juga adalah pertanda Roh Kudus, sehingga menjadi satu dalam Roh Kudus. Dalam inisiasi sebagai seorang Kristen, pengurapan adalah tanda sakramen dari pernyataan Setuju (Konfirmasi), disebut “peng-Khrisma-an” di Gereja Gereja di Timur. Makna dan Kekuatan Sesungguhnya hanya bisa didapat bila dipersatukan dengan pengurapan yang dilakukan oleh Roh Kudus, oleh Yesus. Krisus (dalam bahasa Yahudi “Mesias”) berarti Dia “Yang Diurapi” oleh Roh Kudus. – Katekismus Gereja Katholik Anointing. The symbolism of anointing with oil also signifies the Holy Spirit, to the point of becoming a synonym for the Holy Spirit. In Christian initiation, anointing is the sacramental sign of Confirmation, called "chrismation" in the Churches of the East. Its full force can be grasped only in relation to the primary anointing accomplished by the Holy Spirit, that of Jesus. Christ (in Hebrew "messiah") means the one "anointed" by God's Spirit. -- The Catechism of the Catholic Church Roh Kudus Tinggal Dalam Diri Kita Yoh14:17 ; Kis2:4 ; Kis10:44 Dijanjikan Oleh Kristus Yoh14:16 ; Yoh14:26 ; Yoh15:26 Dianugerahkan Dengan Menumpangkan Tangan Kis8:17 ; Kis19:6 Berbeda Dari Baptisan Kis8:15 Diterima Sebelum Dibaptis Kis10:44 Diterima Setelah Dibaptis Kis2:38 ; Kis8:14-17 ; Kis19:5-6 |
Perkawinan
Sakramen Perkawinan Dipersatukan Oleh Tuhan Allah Kej1:28 ; Kej2:18 ; Tob8:5-7 ; Mat19:6 Hubungan Dalam Pernikahan menyerupai Kristus dan Gereja-Nya Ef5:21-23 Dua Menjadi Satu Daging Kej2:23-24 ; Mat19:3-6 ; Ef5:31 Hendaknya saling menghormati satu sama lainnya 1Kor7:4 ; Ef5:21-25 ; Ef21:33 ; Kol3:18-19 Persatuan Itu Kudus 1Kor7:13-14 ; Ef5:25-26 Supaya Mendapatkan Anak Kej1:28 Perpisahan hanya Baik Untuk Jangka Waktu Pendek 1Kor7:1-5 Anak Anak Adalah Berkat Dari Tuhan Kej24:60 ; Kej30:1-3 ; Mzm127:3 ; 1Sam1:6 ; Luk1:25 Perceraian Itu Dilarang Mat5:32 ; Mat19:9 ; Mak10:2-12 ; Luk16:18 ; 1Kor7:10 (Hanya) Kematian (Yang Bisa) Memutuskan Pernikahan Rom7:2 ; 1Kor7:39 Panggilan Selibat, Beberapa Orang Dipanggil Untuk Hidup Selibat (Paulus dan Banyak Pewarta Yang Lain Tidak Menikah, Yesus Tidak Menikah) Mat19:12 ; 1Kor7:25 Pembatalan atau Perceraian? Pembatalan atau Perceraian? Kita harus mengerti perbedaannya Salah satu kesalah-pahaman yang paling umum tentang Ajaran Katholik adalah perbedaan antara Pembatalan dan Perceraian. Kadang-kadang orang menyamakan Pembatalan dengan Perceraian Katholik – Tidak ada lagi yang bisa lebih keliru. Bagi Orang Katholik tidak Ada Perceraian (lihat Mat5:32 ; Mat19:9 ; Mrk10:2-12 ; Luk16:18 ; 1Kor7:10). Pembatalan adalah Sebuah Pernyataan dari Gereja bahwa sebuah Sakramen Pernikahan tidak pernah terjadi / berlangsung. One of the most common misunderstandings about Catholic teaching is the difference between an annulment and a divorce. Often people say an annulment is just a Catholic divorce -- nothing could be further from the truth. To Catholics there is no divorce (ref Mat5:32 ; Mrk10:2-12). An annulment is a statement by the Church that a sacramental marriage has never taken place. Ambillah contoh seseorang yang dipaksa untuk menikah. Gereja akan mengatakan bahwa itu bukanlah pernikahan Kristen yang Sah. Hukum Sipil juga mengatakan hal yang sama. Pernikahan dibawah todongan senjata bukanlah pernikahan Kristen yang Sah. Take for example someone who is forced into a marriage. The Church would say that is not a Christian marriage. Civil law is exactly the same. A shotgun wedding is not a Christian marriage. Bagi orang Kristen ada beberapa alasan lagi untuk mendapatkan pembatalan. Gereja selalu mengajarkan bahwa pernikahan harus bersifat terbuka untuk mendapatkan anak. Jika satu pasangan menikah tapi tidak mempunyai niatan untuk memiliki anak, maka Gereja bisa memutuskan bahwa pernikahan ini tidak sacramental dan tidak bermakna. (Hati-hati untuk tidak mengartikan bahwa engkau harus mempunyai anak untuk dapat dikatakan memiliki pernikahan yang sah – engkau hanya diharuskan untuk bersikap terbuka untuk mendapatkan anak. For Christians there are other reasons for granting an annulment. The Church has always taught that a marriage should be open to children. If a couple gets married but has no plans for children, then the Church might rule that marriage is not sacramental and is in fact null. (Be careful not to read this to mean you must have children to have a valid marriage -- you must only be open to children.) Pembatalan adalah sebuah pernyataan dari Gereja bahwa sebuah Sakramen Pernikahan tidak pernah terjadi. Perceraian adalah sebuah pernyataan dari lembaga sipil bahwa sebuah pernikahan telah berakhir. An annulment is a statement by the Church that a sacramental marriage did not occur. A divorce is a statement by a civil authority that a marriage is dissolved. |
Pengurapan Orang Sakit/ Peminyakan
Sakramen Pengurapan Orang Sakit Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan, Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. – Yak5:14-15 Is anyone among you sick? He should summon the presbyters of the church, and they should pray over him and anoint (him) with oil in the name of the Lord, and the prayer of faith will save the sick person, and the Lord will raise him up. If he has committed any sins, he will be forgiven. - James 5:14 Minyak Yang Digunakan Untuk Mengurapi Orang Sakit Mrk6:13 ; Yak5:14 Diterima Dengan Iman Dalam Doa Yak5:15 Dalam Nama Tuhan Yak5:14 Juga Mengampuni Dosa Jas 5:15 Mengembalikan Kesehatan Mrk6:13 ; Yak5:15 |
Tahbisan
Sakramen Tahbisan Tugas Dan Fungsi Imam Dalam Kitab Perjanjian Lama Ul33:7-11 Keimamatan Melkisedek diatas Keimamatan Aaron Ibr7:1-17 ; Ibr8:1-13 Melkisedek Menulis Tentang Kristus Mzm110:4 ; Ibr5:6 ; Ibr5:10 ; Ibr6:20 Keimamatan Kristus Yang Sempurna Ibr3:1-4 ; Ibr7:27 ; Ibr8:4-6 ; Ibr9:12-14 ; Ibr9:25 ; Ibr10:5 Pemanggilan Keduabelas Rasul Mat10:1 ; Mat16:16-19 ; Luk6:13 ; Luk22:32 ; Yoh21:15-17 Berkat Untuk Para Rasul Yoh20:22 Pengutusan Para Rasul (Karya Kerasulan) Mat28:19 ; Mrk16:15 ; Luk24:47 ; Yoh20:21 Penumpangan Tangan Sebagai Tanda Untuk Meneruskan Keimamatan 1Tim4:14 ; 1Tim5:22 ; 2Tim1:6 ; Tit1:5 Tugas dari Seorang Imam Mal1:11 ; Mat28:19 ; Yoh20:23 ; 1Kor11:24 ; Yak5:14 Tingkatan Autoritas 1Kor12:28 ; Ef4:11 ; 1Tes5:12 ; Yak3:1 Keimamatan Orang Percaya Ef2:19-20 ; 1Pet2:5 ; 1Pet2:9 Berdoalah Untuk Karya Ke-imamat-an Mat9:37-38 ; Luk10:2 Keimamatan dalam Era Perjanjian Baru Rom15:16 Sumber: Ekaristi dot org |