Gereja Katolik bukanlah hanya Katolik Roma saja melainkan Gereja Katolik adalah persekutuan 1 Katolik Roma dan 22 Katolik Timur dengan Paus Roma sebagai pemimpin persekutuan ini. Ke-23 Gereja ini adalah Gereja Partikular yang otonom/mandiri. Hal ini berarti setiap Gereja partikular yang lain tidak bisa mencampuri urusan gerejawi dari Gereja partikular lainnya. Namun demikian, Paus Roma tetap memiliki karunia infallibilitas dalam mengajarkan ajaran Iman dan Moral yang mengikat seluruh Gereja (termasuk seluruh Gereja partikular yang otonom) dalam kapasitasnya sebagai Pengganti Petrus.
Tentang
fakta bahwa ada 23 Gereja partikular yang otonom tidak menjadikan
Gereja Katolik terdiri dari banyak aliran atau denominasi layaknya yang
terjadi di saudara-saudari terpisah Protestan. Mengapa? Hal ini karena
ke-23 Gereja ini memiliki persatuan yang penuh dan mengakui ajaran IMAN
YANG SAMA, meski berbeda dalam mengekspresi IMAN YANG SAMA ini sesuai
tradisi masing-masing. Berikut ini ada sedikit penjelasan mengenai
Katolik Timur.
Apa dan Siapakah Katolik Timur?
Katolik
Timur adalah sebutan bagi Gereja-Gereja Timur yang bersekutu/bersatu
penuh dengan Paus Roma. Bersama dengan Gereja Katolik Latin (yang
populer dengan sebutan Gereja Katolik Roma), membentuk "Gereja Katolik
yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik" dengan Paus Roma sebagai
pemimpinnya.
Gereja-Gereja
Katolik Timur memiliki tradisi-tradisi liturgi, teologi, devosi, tata
tertib gerejawi, doa-doa tradisional dan hukum kanon tersendiri yang
berbeda dengan Gereja Katolik Romawi. Namun demikian, Gereja-gereja
Katolik, baik Barat (Romawi) maupun Timur, sama derajatnya. (Dekrit
Konsili Vatikan II - Orientalium Ecclesiarum No.3)
Gereja-Gereja
Katolik Timur, sama seperti Gereja Katolik Roma, meyakini dan mengakui
Primat Paus Roma atas Gereja Universal sebagai penerus Takhta St.
Petrus; sebagaimana telah dinyatakan oleh Tuhan kita dalam Matius 16:15.
(Dekrit Konsili Vatikan II - Orientalium Ecclesiarum No.3)
Bagaimanakah Sehingga Terbentuk Katolik Timur?
Pada
perjalanan sejarah gereja, pembicaraan dan perbedaan pendapat mengenai
hal-hal tertentu dalam iman menyebabkan perselisihan dalam Gereja
Katolik yang universal. Gereja-gereja yang tidak bersepakat saling
memisahkan diri, memisahkan diri dari persekutuan/persatuan dengan Paus
Roma. Berbagai alasan melatar belakangi perpisahan ini.
Saat
ini, ada 3 kelompok gereja oriental dan timur yang terpisah dari
persatuan dengan Paus Roma, yaitu Gereja Timur Assiria (Assyrian Church
of East) (perpisahan pada tahun 431), Gereja Ortodoks Oriental
(perpisahan pada tahun 451), dan Gereja Ortodoks Timur (perpisahan pada
tahun 1054 – disebut peristiwa Skisma Besar).
Namun
pada perkembangan selanjutnya, sebagian dari masing-masing gereja timur
yang memisahkan diri itu kembali bersatu dengan Roma, maka disebut
sebagai "Katolik Timur".
Oleh
karenanya, setiap gereja-gereja Ortodoks ada counterpartnya pada Gereja
Katolik Timur. Misalnya: Katolik Koptik dengan Ortodoks Koptik, Katolik
Rusia dengan Ortodoks Rusia, Katolik Rumania dengan Ortodoks Rumania
dan sebagainya.
Tapi,
ada 4 Gereja Timur yang mengaku selalu bersatu dengan Roma dalam artian
mereka tidak pernah secara sengaja memutuskan persekutuan dengan Roma.
Mereka adalah : Katolik Maronit, Katolik Syro-Malabar, Katolik
Italo-Albania dan Katolik Yunani-Ukraina. Dari 22 Gereja Katolik Timur,
ada dua Gereja yang tidak memiliki counterpart di Ortodoks yaitu Katolik
Maronit dan Katolik Italo-Albania.
Terdiri dari Gereja apa sajakah Katolik Timur itu?
Berikut
ini adalah daftar Gereja-Gereja Katolik Timur beserta lokasi tempat
mereka berpusat, sebagaimana yang tercantum dalam Annuario Pontificio
dari Tahta Suci (tanggal persatuan atau pendirian di dalam tanda
kurung):
+ Tradisi liturgi Aleksandria:
1. Gereja Katolik Koptik : Kairo Mesir (1741)
2. Gereja Katolik Ethiopia : Addis Ababa, Ethiopia, Eritrea (1846)
+ Ritus liturgi Antiokhia atau Siria-Barat:
1. Gereja Maronit : Bkerke Libanon (persatuan dikukuhkan kembali pada 1182)
2. Gereja Katolik Suryani : Beirut (1781)
3. Gereja Katolik Siro-Malankara : Trivandrum, India (1930)
+ Tradisi liturgi Armenia:
1. Gereja Katolik Armenia : Beirut, Libanon(1742)
+ Tradisi liturgi Kaldea atau Siria-Timur:
1. Gereja Katolik Kaldea : Baghdad, Irak (1692)
2. Gereja Siro-Malabar : Ernakulam, India (tanggal persatuan masih diperdebatkan)
+ Tradisi liturgi Bizantium atau Konstantinopolitan:
1. Gereja Katolik Yunani Albania : Albania (1628)
2. Gereja Katolik Yunani Belarusia : Belarusia (1596)
3. Gereja Katolik Yunani Bulgaria : Sofia, Bulgaria (1861)
4. Gereja Bizantium Eparki Križevci : Križevci, Ruski Krstur Kroasia (1611)
5. Gereja Katolik Bizantium Yunani : Athena, Yunani, Turki (1829)
6. Gereja Katolik Yunani Hungaria : Nyiregyháza, Hungaria (1646)
7. Gereja Katolik Italo-Yunani : Italia (Tidak pernah berpisah dari Gereja Katolik)
8. Gereja Katolik Yunani Makedonia : Skopje, Republik Makedonia (1918)
9. Gereja Katolik Yunani Melkit : Damaskus, Siria (1726)
10. Gereja Rumania Bersatu dengan Roma, Katolik-Yunani : Blaj Rumania (1697)
11. Gereja Katolik Rusia : Rusia (1905)
12. Gereja Katolik Ruthenia : Uzhhorod (1646)
13. Gereja Katolik Yunani Slowakia : Prešov Republik Slowakia (1646)
14. Gereja Katolik Yunani Ukraina : Kiev Ukraina (1595)
Catatan:
Umat Katolik Ritus Bizantium Georgia belum diakui sebagai sebuah Gereja
partikular (sesuai dengan kanon 27 dari Hukum Kanon Gereja-Gereja
Timur). Mayoritas umat Kristen Katolik Timur di Republik Georgia
beribadat dengan menggunakan ritus liturgi Armenia.
(dari http://katolisitas.org/2009/05/22/apa-saja-yang-termasuk-gereja-timur-katolik/)
Apakah Gereja Katolik Timur sudah ada di Indonesia?
Sampai
saat ini, Gereja Katolik Timur belum ada di Indonesia. Semua Gereja
Katolik di Indonesia adalah Gereja Katolik Roma. Meskipun begitu, sudah
ada orang Indonesia yang menjadi Katolik Melkit dan Katolik
Yunani-Ukraina, dan kelompok Studi Katolik Timur sudah ada.
Apa perbedaan Katolik Timur dengan Ortodoks?
Perbedaan
mendasar antara Katolik Timur dengan Ortodoks adalah Persatuan penuh
dengan Roma. Gereja Ortodoks, walau memiliki suksesi apostolik yang
jelas, tidak berada dalam persatuan penuh dengan Roma. Sedangkan Katolik
Timur berada dalam persatuan penuh dengan Roma. Perbedaan ini kemudian
berdampak pada penerimaan Dogma-dogma Katolik. Misalnya, Katolik Timur,
meski mengekspresikannya dengan berbeda dari Katolik Roma, menerima
Dogma Maria Yang dikandung tanpa noda (Immaculata) dan Infallibilitas
Paus. Sedangkan Ortodoks menolak keduanya. Katolik Timur juga mengakui
Primat Universal Paus, Uskup Roma. Sebagian besar Katolik Timur adalah
Gereja-gereja Timur yang bersatu kembali dengan Roma, kecuali Katolik
Maronit, Katolik Syro-Malabar, dan Katolik Italo-Albania.
Bagaimana tentang 4 Gereja Timur yang mengaku tetap berada dalam persatuan dengan Roma?
Gereja Byzantine Italo-Albania
tidak pernah terpisah karena meskipun ritusnya Byzantine namun mereka
selalu menjadi bagian Kepatriarkhan Roma. Selain itu dulu memang ada
beberapa keuskupan Byzantine yang berada di bawah yurisdiksi Roma
sebagai Patriarkhnya. Yurisdiksi kepatriarkhan saat itu murni berkaitan
dengan geografi.
Gereja Syro-Malabar dan Maronite mengklaim
tidak pernah berpisah dari Roma, dalam arti mereka tidak pernah secara
sengaja memutuskan persekutuan dengan Roma, namun hal ini tidak berarti
bahwa selalu ada komunikasi dan hubungan persekutuan yang nyata antara
kedua Gereja ini dengan Roma.
Bagi
Gereja Maronite komunikasi yang nyata antara pihak Maronite dan Roma
baru dimulai sejak Perang Salib (kecuali jika kita ingin menghitung
surat-menyurat antara para biarawan dari biara St. Maro dan Paus
Hormisdas yang berlangsung jauh lebih awal, tetapi pada masa itu
kelompok St. Maron belum menjadi suatu Gereja yang otonom) dan kemudian
secara jelas menjadi semakin erat.
Dalam
kasus Gereja Syro-Malabar, mereka lama sekali menjalin hubungan erat
dengan Gereja Assyria Timur (Nestorian), namun mereka tidak pernah
secara terbuka menyatakan putus hubungan persekutuan dengan Roma. Namun,
kontak yang nyata dengan pihak Roma baru dimulai pada saat misionaris
Portugis datang ke India. Umat Kristen Malabar menunjukkan kedekatan
yang luar biasa dengan para misionaris Portugis, bahkan kedekatan ini
memungkinkan diangkatnya seorang Latin berkebangsaan Portugis menjadi
Uskup bagi umat Syro-Malabar. Kemungkinan terjadinya hal-hal semacam ini
kemudian dijadikan dasar untuk menyatakan bahwa Gereja Syro-Malabar
tidak pernah berpisah dari persekutuan Katolik.
Gereja Katolik Yunani-Ukraina
adalah Gereja Katolik Timur terbesar. Gereja Katolik Yunani-Ukraina
adalah Gereja dengan ritus Bizantium yang berada dalam persekutuan penuh
dengan Paus Roma.
Nama
lain untuk Gereja ini: Gereja Katolik Yunani; Gereja Katolik Ukraina;
Gereja Katolik Ukraina ritus Bizantium; Gereja Katolik Kyivan.
Nama
Gereja Katolik Yunani diperkenalkan oleh Kaisar Maria-Theresa pada
tahun 1774 untuk membedakan Gereja ini dari Gereja Katolik Roma dan
Gereja Katolik Armenia. Dalam dokumen resmi Gereja, istilah Ecclesia
Ruthena unita digunakan. Pada tahun 1960, nama Gereja Katolik Ukraina
mulai digunakan dalam dokumen resmi untuk merujuk pada umat Katolik
Ukraina di diaspora dan Gereja bawah tanah di Soviet Ukraina. Di dalam
dokumen statistik tahunan kepausan, Annuario Pontificio, nama Gereja
Katolik Ukraina ritus Bizantium digunakan. Pada Sinode Uskup-uskup UGCC
(September 1999), nama Gereja Katolik Kyivan diajukan untuk menekankan
identitas Gereja ini.
Pada
tahun 988, Pangeran Volodymyr Agung menjadikan Kekristenan dalam Ritus
Byzantine-Slavic sebagai agama nasional dari negara ini, Kyivan-Rus. Hal
ini terjadi sebelum Skisma Timur pada tahun 1054 yang memisahkan
Kristen Timur dari Barat. Gereja Kyivan menerima warisan tradisi
Bizantium Timur dan merupakan bagian dari Kepatriarkhan Konstantinopel.
Sekalipun begitu, Gereja ini juga tetap berada dalam persekutuan penuh
dengan Katolik Latin dan Patriarkhnya, Paus Roma.Meskipun Konstantinople
dan Roma memiliki perselisihan, Hierarki Kyivan mencoba mengusahakan
persatuan Kristen. Wakil dari Rus berpartisipasi dalam Konsili Lyon
(1245) dan Konstans (1418) di Barat. Isidorus, Uskup Agung Kyiv sendiri
adalah seorang dari para kreator Persatuan Florence (1439).
Berapa Sakramen yang ada di Katolik Timur?
Katolik Timur mengakui 7 sakramen yang sama dengan Katolik Roma.
Bolehkah Umat Katolik Roma menerima Komuni di Gereja Katolik Timur?
Diperbolehkan.
Tidak hanya Umat Katolik Roma saja, Umat Katolik Timur juga
diperbolehkan menerima Komuni di Gereja Katolik Roma. Umat Katolik Timur
juga diperbolehkan menerima Komuni di Gereja Katolik Timur lainnya. Hal
ini karena ke-23 Gereja ini memiliki persatuan yang penuh dan mengakui
ajaran IMAN YANG SAMA, meski berbeda dalam mengekspresi IMAN YANG SAMA
ini sesuai tradisi masing-masing.
Apakah Katolik Timur mengakui semua ajaran Katolik tentang Bunda Maria?
Seperti yang sudah dikatakan, Katolik Timur mengakui ajaran IMAN YANG SAMA termasuk ajaran-ajaran mengenai Bunda Maria.
Imam Katolik Timur ada yang tidak selibat, benarkah demikian ?
Benar.
Disiplin Selibat sebenarnya hanya berlaku bagi Para Imam Diosesan
Latin, tidak secara universal. Selibat bagi Imam Diosesan Latin sendiri
hanyalah JANJI bukan KAUL.
Gereja-gereja
Katolik Timur menahbiskan Pria yang TELAH berkeluarga sebagai Imam,
namun seorang Uskup Katolik Timur selalu dipilih dari kalangan Imam
Selibat (biasanya Para Imam Biarawam). Seorang laki-laki yang telah
ditahbiskan terlebih dahulu menjadi Imam Katolik Timur sebelum sempat
menikah, tidak dapat menikah setelah ditahbiskan. Imam berkeluarga yang
istrinya telah meninggal, juga tidak diperkenankan menikah lagi.
Imam
Biarawan Katolik Timur sendiri sama dengan Imam Biarawan Latin,
sama-sama memiliki Kaul Selibat. Jadi Imam Biarawan Katolik Timur juga
tidak menikah.
Tradisi
menahbiskan Pria berkeluarga pada dasarnya sama tuanya dengan tradisi
Selibat. Baik Latin maupun Timur saling menghormati tradisi dan disiplin
gerejani satu sama lain.
pax et bonum