oleh Feodor
Petrov (<easthcath@mail.ru>), July, 2001
Kali ini saya mengunjungi Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan
Andreas di Moskow dengan tujuan khusus mengumpulkan sebanyak mungkin informasi
akurat mengenai komunitas ini semampu saya. Saya menghadiri Liturgi Hari Minggu
di komunitas gereja ini dan berbicara dengan pastornya, Bapa Andrey Udovenko
dan isterinya di rumah mereka.
Komunitas ini adalah satu-satunya Komunitas Katolik Yunani yang dikenal di
Rusia bagian barat daya (yang dipandang oleh Kuria Latin tidak sebagai paroki
tapi pusat pastoral), setidaknya satu-satunya yang memiliki pastor
Katolik-Yunani sendiri, yaitu Bapa Andrey. Meskipun terletak di Moskow, ibukota
Rusia, hanya sedikit orang yang tahu mengenai komunitas ini.
Romo Andrey Udovenko
Bapa Andrey Udovenko lahir pada tahun 1961 dan tinggal di Mordovia (salah
satu wilayah di Rusia). Dia adalah anggota Gereja Ortodoks Rusia dan seorang
Imam Ortodoks sejak 1987. Dia menerima tahbisan imamatnya selama periode ketika
aktivitas ekumenis Gereja Ortodoks Rusia tinggi dan hubungan ekumenis dengan
Gereja Katolik bagus. Sama seperti kebanyakan imam yang ditahbiskan pada saat
itu, dia cenderung ke katolik. (Situasi Gereja Ortodoks Rusia saat ini sungguh
berbeda. Ada hal biasa bahwa Klerus Ortodoks di Rusia memandang Gereja Katolik
rusak bahkan sesat, meskipun pernyataan resminya jauh lebih halus.)
Selama masa pelayanannya sebagai seorang Imam Ortodoks, KGB mencoba memaksa
Bapa Andrey bekerja untuk mereka. Adalah hal biasa selama masa-masa tersebut
bagi banyak Imam dan Uskup Ortodoks untuk bekerja bagi Organisasi menakutkan
ini. Pejabat pemerintahan lokal yang disebut Wakil dalam Urusan Keagamaan,
meminta dia bekerja untuk KGB, tapi dia menolaknya dan Uskupnya membuat kondisi
hidupnya sangat sulit, terutama secara finansial. Dia juga diancam oleh
uskupnya bahwa dia akan dilarang melaksanakan tugas-tugas imamatnya.
Sementara banyak Imam ortodoks saat itu menginginkan berada dalam persatuan
dengan Roma. Mereka sedang menunggu reunifikasi final (sembari) tetap setia
kepada umat Ortodoks Rusia. Tapi ,dalam keadaan seperti ini, adalah mustahil
bagi Bapa Andrey untuk menunggu lebih lama. Itulah kenapa dia meminta untuk
diterima dalam Gereja Katolik sebagai seorang Imam Katolik Timur. Karena Gereja
Katolik mengakui sakramen Ortodoks sungguh sah, dia diterima sebagai sebagai
imam tertahbis tahun 1991. Sejak Maret 1992, dia ditempatkan di bawah
yurisdiksi Metropolitan Lviv (Kepala Gereja Katolik Yunani-Ukraina) dan sebagai
Imam Eparki Lviv.
Selama periode sulit sebelum dia menjadi Katolik secara de jure, dia sering
mengunjungi kantor Uskupnya untuk bertanya apakah dia dilarang melayani atau
tidak. Jawaban uskupnya selalu mengonfirmasi bahwa dia dapat melaksanakan
tugas-tugas imamatnya. Akan tetapi, ketika ia menjadi Katolik pada Maret 1991,
dia mempelajari keheranannya mengapa ia dilarang untuk melayani sejak Agustus
1990. Satu-satunya penjelasan yang dapat ia terima adalah Uskupnya mendekritkan
kembali larangan mengenai hal tersebut. Hal itu adalah tahap terakhir hubungan
resmi Bapa Andre dengan mantan Uskupnya.
Bapa Andrey bersikukuh bahwa dia tidak mengubah imannya dan tidak juga
menyerahkan ortodoksi-nya. Di sini ia mengikuti gagasan Vladimir Soloviev, yang
juga adalah pendahulunya, seorang Katolik Timur Rusia pada permulaan abad
ke-20. Mereka lebih memilih menyebut diri mereka “Ortodoks dalam persatuan
dengan Roma” daripada “Katolik Timur”. Ini berarti mereka adalah sepenuhnya
Ortodoks (dalam warisan liturgis, cara berpikir, spiritualitas dsb) dan pada
saat yang sama sepenuhnya Katolik (mengakui Primat Paus Roma dan seluruh Iman
Katolik, pengajaran tidak dapat sesat Gereja Katolik - meskipun dalam Katolik
Timur pengajaran Gereja Katolik terkadang dapat diekspresikan dalam istilah yang
sedikit berbeda dari Katolik Barat.)
Sebagai seorang Imam Katolik Yunani, ia mulai berkarya di Moskow dan
membentuk komunitas barunya. Sekarang dia tinggal di Moskow bersama isterinya,
Helena. Mereka belum mempunyai anak. Dia melayani komunitasnya sebagai seorang
Pastor. Dia berkata bahwa saat ini dia berkarya hanya di komunitas tersebut.
Dia untuk sementara waktu ditempatkan sebagai imam di Administratur Apostolik
Latin The North of Rusia, di bawah yurisdiksi Ordinaris Latin. Seluruh Katolik
Yunani di Moskow secara resmi berada di bawah pelayanan pastoral Bapa Andrey,
meskipun hanya sedikit yang tahu tentang hal ini. Dia hidup bersama isterinya
dalam apartemen satu kamar dan memiliki pendapatan relatif kecil. Ada hal
menarik bahwa ia menjalin ikatan persahabatan dengan beberapa Imam Gereja
Ortodoks Rusia. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak semua dari mereka (Imam
Gereja Ortodoks Rusia) merasa bermusuhan dengan Katolik Timur Rusia.
Bapa Andrey telah menulis beberapa buku, termasuk katekismus tidak resmi
Katolik Yunani, sebuah buku menarik mengenai Ibadah dalam Tradisi Katolik
Byzantin yang berjudul Mystagoggia (Greek “Explanation of the
Sacraments), sebuah buku mengenai Kekristenan Mesir, dan sebuah kamus
kekristenan. Semua buku ini, kecuali kamus, masih belum dipublikasikan dan Bapa
Andrey berharap kelak suatu hari dia bisa mendapatkan uang dari publikasi
buku-buku tersebut. Dengan mempertimbangkan bahwa hanya ada sedikit buku-buku
Katolik Yunani bagus di Rusia, kita dapat dengan tulus membagikan harapan Bapa
Andrey.
Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan
Andreas
Akar komunitas ini sepenuhnya Rusia. Komunitas ini tidak dimulai oleh
Misionaris luar. Komunitas ini muncul dan tumbuh di tanah Rusia. Bapa Andrey
dan umatnya menganggap mereka sebuah Komunitas Ortodoks Rusia dalam Persatuan
dengan Roma. Mereka memilih nama Komunitas Ortodoks-Katolik Rasul Kudus Petrus
dan Andreas, meskipun mereka menyatakan diri mereka Komunitas Katolik Yunani
dalam surat resmi mereka. Nama Ortodoks-Katolik memiliki akar sejarah yang amat
dalam di Rusia. Ketika permulaan abad ke 20, Kelompok Katolik Timur yang
pertama mulai ada di Rusia di bawah Beato Leonid Feodorov, Eksarkh mereka.
Kelompok Katolik Yunani St. Petersburg menggunakan nama Orthodox-Catholic untuk
gereja-rumah pertama mereka demikian juga dengan majalah mereka --- Sebuah
Majalah Ortodoks-Katolik, “Word of Truth”. Bapa Andrey dan isterinya sangat
cinta kepada orang-orang Rusia, dan Sejarah, Kebudayaan dan Warisan Gereja
Rusia. Ortodoks-Katolik adalah sama dengan Katolik Timur (Kristen Ortodoks
dengan kesetiaan kepada Roma), tapi istilah terakhir (ie Katolik Timur) secara
historis tidak pernah digunakan dan sedikit buatan untuk bahasa Rusia.
Nama komunitas ini sangat simbolis, karena Rasul Petrus adalah sumber dari
persatuan Gereja dan mewakili Tahta Roma, dan Rasul Andreas secara tradisi
mewakili Tahta Konstantinopel dan Tradisi Byzantin. Dia (Rasul Andreas) juga,
berdasarkan legenda, adalah rasul yang mewartakan Injil di tanah yang suatu
hari menjadi Ukraina dan Rusia.
Komunitas ini sendiri tidaklah besar. Ada sekitar 15-20 orang pada Vespers
Hari Minggu biasa, sekitar 30-40 orang pada Liturgi Hari Minggu biasa, dan
sekitar 25-30 partisipan pada pertemuan mingguan mereka di luar liturgi, yang
akan dijelaskan nanti. Selama Paskah, yang mana merupakan perayaan paling
penting dalam Tradisi Kristen, ada sekitar 80 orang yang hadir tahun ini.
Karena tidak memiliki begitu banyak anggota, kehidupan komunitas ini sangat
seperti keluarga.
Semua anggota komunitas datang selama Bapa Andrey berkarya sebagai Imam
Katolik Yunani. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang tidak percaya
sebelum datang ke komunitas, hanya sedikit dari mereka adalah mantan anggota
Gereja Ortodoks Rusia. Beberapa anggota sangat aktif dalam kehidupan komunitas
dan banyak membantu Bapa Andrey dalam karyanya.
Sejarah Paroki
Komunitas ini dibentuk pada tahun 1991. Sejak Maret 1992, komunitas telah
berada di bawah yurisdiksi dari Metropolitan Lviv (Gereja Katolik
Yunani-Ukraina). Sejarah komunitas dimulai dengan pertemuan doa sederhana.
Pelayanan liturgi dimulai beberapa waktu kemudian. Selama periode pertama dalam
sejarah komunitas, Liturgi dan pertemuaan diadakan di sekolah negeri. Tapi hal
ini kemudian menjadi mustahil. Sejak 1999, komunitas dipindahkan ke Yurisdiksi
dari Ordinaris wilayah Gereja Latin. Pada sekitar masa ini, Suster-suster
Missionaries of Charity yang memiliki sebuah rumah sakit untuk anak-anak cacat mental
di Moskow memperbolehkan Bapa Andrey dan komunitasnya menyelenggarakan
pelayanan Liturgi mereka (Vespers dan Liturgy Hari Minggu) di kapel Latin
mereka di sana. Sekarang komunitas melanjutkan berkumpul di sana untuk Liturgi.
Komunitas ini ada sebagai “pusat pastoral” untuk Katolik Yunani di Moskow di
bawah Yurisdiksi dari Ordinaris wilayah Gereja Latin. Menurut hukum sipil,
komunitas ini adalah kelompok keagamaan yang tidak terdaftar. Hal ini berarti
mereka tidak dapat memiliki bangunan atau properti lainnya layaknya komunitas
yang terdaftar. Satu-satunya hak yang dimiliki kelompok seperti ini adalah
untuk beribadah dan untuk pemberian pendidikan agama kepada anggota-anggotanya.
Liturgi
Komunitas berkumpul untuk beribadah di Kapel Suster-suster Missionaries of
Charity di ul. Chechulina 13b, Moskow. Vespers Sabtu diadakan setiap pukul
18.00 dan Liturgi Minggu diadakan setiap pukul 09.00. Komunitas secara liturgi
adalah Ortodoks Rusia, yang berarti komunitas menggunakan liturgi yang sama
(termasuk kalender liturgi yang lama, berpuasa berdasarkan tradisi Ortodoks
Rusia, dan bahasa Church-Slavonic sebagai bahasa liturgi) dengan yang digunakan
oleh Gereja Ortodoks Rusia. Tentunya Paus dan Ordinaris Latin disebutkan selama
doa-doa liturgis, bukan Patriarkh Moskow. Latinisasi tidak diakui dalam
liturgi, yang mana sangat penting bagi Bapa Andrey demikian juga bagi umat
Kristen Timur, terutama Ortodoks, dalam menghadiri liturgi. Ada beberapa
perubahan kecil dalam ritus yaitu Injil dibaca dalam bahasa Rusia, bukan bahasa
Church Slavonic, dan umat dapat duduk sepanjang homili/khotbah. Tapi hal ini
dibuat sesuai dengan tradisi timur lama dan terhormat, yang tidak lagi
digunakan di Gereja Ortodoks Rusia.
Menghadiri Liturgi Hari Minggu di Paroki ini adalah pengalaman yang
menggairahkan. Kamu dapat merasakan persatuan yang sangat kuat antara
partisipan, iman mereka yang mendalam, perasaan semakin personal daripada
selama Liturgi Gereja Ortodoks Rusia biasa. – mungkin karena komunitas ini agak
kecil. Nyanyian liturgi yang digunakan sepanjang liturgi sangat tradisional.
Nyanyian-nyanyian ini cukup sederhana tapi dinyanyikan oleh seluruh umat – ini
berbeda dengan kebiasaan di sebagian besar Paroki Ortodoks. Tentunya Komuni
diterima dalam dua rupa, seperti yang dipraktekkan oleh semua Kristen Timur
(termasuk Kristen Ortodoks).
Di luar Sakramen-sakramen
Perkumpulan doa yang memulai sejarah komunitas masih diselenggarakan.
Sekarang ini mereka mengadakannya pada Minggu Malam. Mereka memulai dengan
lagu-lagu gitar, dinyanyikan oleh anggota komunitas dan tamu. Setelah itu,
empat anggota komunitas bergiliran menyampaikan pemikiran mereka dalam bentuk
khotbah. Bapa Andrey berkata bahwa berdasarkan Tradisi Gereja Slavonic, hanya
laki-laki yang memiliki reputasi baik (tidak dalam dosa nyata, mengambil bagian
dalam kehidupan komunitas, tidak merokok dsb) yang diberi hak untuk membuat
semacam khotbah umum selama pertemuan ini. Kemudian Perjanjian Baru dibacakan
dengan keras. Setiap pertemuan, satu bab dari Perjanjian Baru dibaca dan
didiskusikan, sehingga seluruh Perjanjian Baru dapat dibaca selama tujuh tahun.
Setelah membaca, setiap orang yang hadir dalam pertemuan dapat membagikan
pikiran dan perasaan mengenai bab yang dibaca. Kemudian partisipan berdoa
masing-masing. Setelah menikmati makanan ringan, doa-doa yang lebih tradisional
didaraskan.
Di samping pertemuan-pertemuan, ada aktivitas-aktivitas lain dalam
komunitas. Mereka menyiapkan beberapa audio-tape dan CD dengan musik yang
ditampilkan oleh anggota komunitas (termasuk lagu-lagu gitar, amsal dsb).
Komunitas juga membuat retret tahunan dibawah bimbingan Bapa Andrey. Biasanya
retret atau latihan-latihan spiritual diadakan selama lima hari. Tentu saja
retret ini dilakukan sepenuhnya dalam Tradisi Timur.
Tidak ada karya amal atau pelayanan sosial terorganisir dalam komunitas.
Tapi beberapa anggota membantu orang lain semampu mereka. Sebagai contoh,
beberapa wanita mencucikan pakaian anak-anak untuk Suster-suster Missionaries
of Charity secara teratur.
Kondisi Hidup
Bapa Andrey sendiri memiliki pendapatan relatif kecil, bagian utama dari
dukungan finansialnya berasal dari Yayasan Jerman bernama Kirche in Not. Dia
berkata bahwa dia dan komunitasnya tidak mendapat dukungan apapun dari
pejabat-pejabat Gereja. “ Beberapa keluarga dari Komunitas ini memiliki banyak
anak dan berpendapatan kecil, tapi Administration Caritas kami tidak mau
menolong mereka”, kata Bapa Andrey. Dia tidak menerima dukungan finansial atau
moral dari Klerus Latin lokal. Dia yakin bahwa mereka tidak tertarik pada
eksistensi komunitasnya.
Komunitas tidak memiliki gedung gereja atau kapel apapun, sehingga
satu-satunya keinginan mereka berkumpul untuk Liturgi tergantung pada
Suster-suster MC yang memperbolehkan komunitas menggunakan kapel mereka. “Jika
kami dapat memiliki gedung gereja sendiri, akan ada lebih banyak orang daripada
sekarang.”, kata Bapa Andrey. Pada saat yang sama, berdasarkan Bapa Andrey,
Otoritas Gereja lokal memandang Katolik Yunani sebagai karang penghalang dan
masalah dalam hubungan ekumenis mereka dengan Gereja Ortodoks. Bapa Andrey
tidak setuju dengan pandangan ini. Dia percaya bahwa jika Imam-imam dan awam
Ortodoks dapat melihat perhatian, cinta dan hormat yang diberikan oleh Katolik
Timur dari Otoritas lokal Gereja Latin, hal itu dapat jauh lebih cepat menuntun
kepada reunifikasi/persatuan kembali. Tapi jelas bahwa otoritas lokal Gereja
menghormati warisan timur dalam ucapan saja, dengan tindakan mereka yang
sungguh berlawanan dengan ucapan mereka.
Permohonan Doa
Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan Andreas membutuhkan segera
dukungan doa dari anda sekalian. Hal ini penting untuk seluruh Katolik Yunani
di Rusia Barat. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak ada secara resmi, dan
tidak memiliki Imam yang dapat memberi mereka pelayanan pastoral yang layak
sesuai dengan ritus terhormat mereka. Cinta dan doa kalian sangat penting dalam
situasi krusial seperti ini.
Keterangan:
Catatan ini adalah hasil terjemahan dari:
tentang sebuah
Komunitas Katolik Yunani di Moskow.
pax et bonum